Tuesday 10 December 2013

PRINSIP-PRINSIP VISUAL - ASSURE MODEL

                Bagian alami dalam mengajar adalah memasukkan materi-materi yang menunjukkan gambar visual. Hal ini merupakan bentuk media pembelajaran yang digunakan untuk memotivasi belajar siswa.
A.      VISUAL LITERASI
Media gambar merupakan salah satu media yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk menunjukkan suatu maksud yang terkandung dalam gambar tersebut. Dari prinsip visual ini kita diharapkan dapat dan mampu membaca atau menangkap maksud dari suatu kode atau sandi dan dapat membuat atau menulis gambar dengan baik dan jelas. Terdapat 2 pendekatan dalam prinsip visual yaitu :
1.       Input strategi
Memecahkan kode atau membaca pesan visual secara mahir dengan mempraktekkan analisis visual.
2.       Output Strategi
Mengkode ulang atau menulis visual untuk mengekspresikan diri dan berkomunikasi dengan orang lain.
B.      PERAN VISUAL
a.       Mengkonkritkan sebuah  ide
b.      Membuat ide yang abstrak menjadi konkrit
c.       Member motivasi
d.      Member perhatian langsung
e.      Mengulang informasi
f.        Memunculkan kembali pengetahuan yang telah terbentuk sebelumnya.
C.      TYPE VISUAL
a.       Realistic (dari gambar nyata ke gambar yang tidak nyata),
b.      analogical ( digunakan dalam menganalogikan hal-hal yang sulit dilihat dengan gambar yang sama untuk mewakili pesan yang ingin disampaikan.
c.       Organizational (gambar ditunjukkan dengan susunan yang kwalitatif diantara variasi tiap element, dimana grafik organizational ini menunjukkan hubunagan anatar point dalam element),
d.      Relational ( gambar yang mengkomunikasikan tentang jumlah, misalnya grafik pertumbuhan atau diagram),
e.      Transformational (gambar yang menunjukkan suatu proses yang bergerak yang ditunjukkan dengan anak panah),
f.        Interpretive( hampir sama dengan transformational yaitu berupa proses, namun lebih pada simbol-simbol abstrak).
D.      DESAIN VISUAL
Dalam mendesain gambar terlebih dahulu kita menentukkan product apa yang akan dibuat dan element teks yang akan kita gunakan. Kita sudah siap terhadap topik dan menentukkan objek yang mungkin digambarkan sesuai dengan perencanaan . terdapat 2 aspek visual desain, jika sesuatu yang kita desain sama luas dengan bulletin atau sama kecil seperti pada layar komputer. Aspek tersebut yaitu elemen visual (foto, gambar, charts, dan grafik) dan elemen teks.
                Element visual terdiri dari arrangement, balance, color, legibility( keterbacaan), dan appeal (daya tarik). Jadi untuk pembuatan suatu gambar visual perlu diperhatikan dan dipertimbangkan kelima hal tersebut.
E.       VISUAL LITERASI DALAM PENDIDIKAN
Perkembangan visual literasi telah merombah dalam program pendidikan. Dalam beberapa program, guru adalah mendorong siswa untuk berpikir secara visual dan fokus perhatian siswa pada aspek visual berupa barang cetakan dan menyediakan materi digital, memasukkan buku teks dan buku cerita. Pada masa sekarang, media literasi banyak diterima oleh masyarakat sebagai apek penting kurikulum disemua tingkatan pendidikan. Dikembangkan dengan baik ditanamkan dalam konteks area, aktivitas dan assesmen yang terkait dengan kelokalan.


No comments:

Post a Comment