Bagian alami dalam mengajar
adalah memasukkan materi-materi yang menunjukkan gambar visual. Hal ini
merupakan bentuk media pembelajaran yang digunakan untuk memotivasi belajar
siswa.
A. VISUAL LITERASI
Media gambar merupakan salah satu media yang sering digunakan dalam
kehidupan sehari-hari untuk menunjukkan suatu maksud yang terkandung dalam
gambar tersebut. Dari prinsip visual ini kita diharapkan dapat dan mampu
membaca atau menangkap maksud dari suatu kode atau sandi dan dapat membuat atau
menulis gambar dengan baik dan jelas. Terdapat 2 pendekatan dalam prinsip
visual yaitu :
1.
Input strategi
Memecahkan
kode atau membaca pesan visual secara mahir dengan mempraktekkan analisis
visual.
2.
Output Strategi
Mengkode
ulang atau menulis visual untuk mengekspresikan diri dan berkomunikasi dengan
orang lain.
B. PERAN VISUAL
a.
Mengkonkritkan sebuah ide
b.
Membuat ide yang abstrak menjadi konkrit
c.
Member motivasi
d.
Member perhatian langsung
e.
Mengulang informasi
f.
Memunculkan kembali pengetahuan yang telah
terbentuk sebelumnya.
C. TYPE VISUAL
a.
Realistic (dari gambar nyata ke gambar yang
tidak nyata),
b.
analogical ( digunakan dalam menganalogikan hal-hal
yang sulit dilihat dengan gambar yang sama untuk mewakili pesan yang ingin
disampaikan.
c.
Organizational (gambar ditunjukkan dengan
susunan yang kwalitatif diantara variasi tiap element, dimana grafik
organizational ini menunjukkan hubunagan anatar point dalam element),
d.
Relational ( gambar yang mengkomunikasikan
tentang jumlah, misalnya grafik pertumbuhan atau diagram),
e.
Transformational (gambar yang menunjukkan suatu
proses yang bergerak yang ditunjukkan dengan anak panah),
f.
Interpretive( hampir sama dengan
transformational yaitu berupa proses, namun lebih pada simbol-simbol abstrak).
D. DESAIN VISUAL
Dalam mendesain gambar terlebih dahulu kita menentukkan product apa yang
akan dibuat dan element teks yang akan kita gunakan. Kita sudah siap terhadap
topik dan menentukkan objek yang mungkin digambarkan sesuai dengan perencanaan
. terdapat 2 aspek visual desain, jika sesuatu yang kita desain sama luas
dengan bulletin atau sama kecil seperti pada layar komputer. Aspek tersebut
yaitu elemen visual (foto, gambar, charts, dan grafik) dan elemen teks.
Element visual terdiri dari
arrangement, balance, color, legibility( keterbacaan), dan appeal (daya tarik).
Jadi untuk pembuatan suatu gambar visual perlu diperhatikan dan dipertimbangkan
kelima hal tersebut.
E. VISUAL LITERASI DALAM PENDIDIKAN
Perkembangan visual literasi telah merombah dalam program pendidikan.
Dalam beberapa program, guru adalah mendorong siswa untuk berpikir secara
visual dan fokus perhatian siswa pada aspek visual berupa barang cetakan dan
menyediakan materi digital, memasukkan buku teks dan buku cerita. Pada masa
sekarang, media literasi banyak diterima oleh masyarakat sebagai apek penting
kurikulum disemua tingkatan pendidikan. Dikembangkan dengan baik ditanamkan
dalam konteks area, aktivitas dan assesmen yang terkait dengan kelokalan.
No comments:
Post a Comment