Komputer adalah salah satu media yang banyak
digunakan oleh para pengajar sekarang karena perkembangan teknologi yang
semakin pesat sekarang. Komputer sendiri adalah alat yang
dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur
yang telah dirumuskan. Kata komputer
semula dipergunakan untuk menggambarkan perkerjaan orang dalam melakukan
perhitungan aritmatika
dengan atau tanpa alat bantu. Tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi yang hampir eksklusif
berhubungan erat dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai
untuk begitu banyak tugas yang tidak berhubungan dengan aritmatika atau matematika pada umumnya. Dalam arti seperti
itu terdapat alat seperti slide rule,
jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua
komputer elektronik
yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas dari komputer
adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi”.
Selama
bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda mengenai
"komputer" ini. Menurut Barnhart
Concise Dictionary of Etymology, istilah komputer digunakan dalam bahasa
Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung"
kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis".
Sedangkan selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja
wanita Amerika
Serikat dan Inggris
yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Sekalipun
demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa
memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer
modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat
hitung yang lebih awal ialah bahwa dengan pemrograman
yang benar, semua komputer dapat mengemulasi
sifat apa pun meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan
kecepatan yang berbeda. Dan memang bahwa mesin sekarang dipercaya bisa meniru
alat perkomputeran yang akan di ciptakan pada masa depan walaupun niscaya
kemungkinan akan lebih lambat.
Materi
sebelumnya yang menjelaskan tentang prinsip visual yaitu tentang media
pembelajaran. Media pembelajaran adalah jembatan antara pengajar kepada siswa
untuk mentransfer ilmu. Apabila
dikaitkan antara media visual dan pembelajaran maka pembelajaran itu akan
menarik, efektif dan efesien apabila menggunakan media visual sebagai sebagai
media pembelajaran nya.
Sejalan dengan
hal tersebut di atas tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses belajar
mengajar, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media
pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode
mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai,
meskipun masih ada aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media,
antara lain tujuan pembelajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan
siswa kuasai setelah pembelajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran
termasuk karakteristik siswa. Meskipun demikian dapat dikatakan bahwa salah
satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang
turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan
diciptakan oleh guru.
Aplikasi komputer dalam bidang pembelajaran memungkinkan
berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer
atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi.
Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internert) saat ini
telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan
dan informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat
berlangsung dengan tersedianya medium komputer. Beberapa lembaga pendidikan
jarak jauh di sejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini sebagai
sarana interaksi. Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh
komputer dalam memberikan umpan balik (feedback) yang segera kepada pemakainya.
Contoh penggunaan internet ini adalah digunakan oleh Universitas terbuka dalam
penyelenggaraan Universitas Terbuka Jarak Jauh disamping mahasiswa mendapat
modul untuk proses belajar mengajar dia juga dapat mengakses informasi melalui
internet.
Manfaat komputer dalam pembelajaran antara lain adalah :
1.
Sebagai alat presentasi
Banyak
pengajar sekarang menggunakan laptop dan proyektor untuk alat bantu presentasi
agar hasilnya lebih menarik karena didukung dengan program yang disajikan saat
berpresentasi.
2.
Sebagai pengganti mesin ketik
Mesin
ketik yang dulu dikenal sangat susah sekarang digantikan oleh komputer dimana
penggunaannya lebih mudah dan praktis.
3.
Sebagai alat hitung
4.
Sebagai media komunikasi luas dengan memanfaatkan
jaringan internet
Namun
selain memiliki kelebihan, pembelajaran dengan menggunakan komputer juga
memiliki kelemahan, antara lain adalah untuk biaya pengadaan yang memerlukan
budget besar serta untuk pengembangannya yang masoih kurang. Pemeliharaan dan
perawatannya juga membutuhkan orang-orang yang ahli.
No comments:
Post a Comment