Tuesday 10 December 2013

KOMPUTER

Komputer adalah salah satu media yang banyak digunakan oleh para pengajar sekarang karena perkembangan teknologi yang semakin pesat sekarang. Komputer sendiri adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan perkerjaan orang dalam melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu. Tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi yang hampir eksklusif berhubungan erat dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk begitu banyak tugas yang tidak berhubungan dengan aritmatika atau matematika pada umumnya. Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas dari komputer adalah “yang mengolah informasi atau “sistem pengolah informasi”.
Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda mengenai "komputer" ini. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, istilah komputer digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Sedangkan selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat hitung yang lebih awal ialah bahwa dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda. Dan memang bahwa mesin sekarang dipercaya bisa meniru alat perkomputeran yang akan di ciptakan pada masa depan walaupun niscaya kemungkinan akan lebih lambat.
Materi sebelumnya yang menjelaskan tentang prinsip visual yaitu tentang media pembelajaran. Media pembelajaran adalah jembatan antara pengajar kepada siswa untuk mentransfer ilmu. Apabila dikaitkan antara media visual dan pembelajaran maka pembelajaran itu akan menarik, efektif dan efesien apabila menggunakan media visual sebagai sebagai media pembelajaran nya.
Sejalan dengan hal tersebut di atas tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses belajar mengajar, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain tujuan pembelajaran,  jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah pembelajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik siswa. Meskipun demikian dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.
Aplikasi komputer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internert) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer. Beberapa lembaga pendidikan jarak jauh di sejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini sebagai sarana interaksi. Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh komputer dalam memberikan umpan balik (feedback) yang segera kepada pemakainya. Contoh penggunaan internet ini adalah digunakan oleh Universitas terbuka dalam penyelenggaraan Universitas Terbuka Jarak Jauh disamping mahasiswa mendapat modul untuk proses belajar mengajar dia juga dapat mengakses informasi melalui internet.
Manfaat komputer dalam pembelajaran antara lain adalah :
1.      Sebagai alat presentasi
Banyak pengajar sekarang menggunakan laptop dan proyektor untuk alat bantu presentasi agar hasilnya lebih menarik karena didukung dengan program yang disajikan saat berpresentasi.
2.      Sebagai pengganti mesin ketik
Mesin ketik yang dulu dikenal sangat susah sekarang digantikan oleh komputer dimana penggunaannya lebih mudah dan praktis.
3.      Sebagai alat hitung
4.      Sebagai media komunikasi luas dengan memanfaatkan jaringan internet
Namun selain memiliki kelebihan, pembelajaran dengan menggunakan komputer juga memiliki kelemahan, antara lain adalah untuk biaya pengadaan yang memerlukan budget besar serta untuk pengembangannya yang masoih kurang. Pemeliharaan dan perawatannya juga membutuhkan orang-orang yang ahli.


No comments:

Post a Comment