Tuesday 10 December 2013

ASSURE MODEL

Pembelajaran yang diberikan kepada siswa memerlukan sebuah perencanaan yang matang. Begitu juga nantinya ketika menggunakan media dan teknologi dalam pembelajaran tersebut. Bagaimana siswa dapat memahami ilmu apa yang ingin guru sampaikan melalui media tersebut. Pembelajaran bukan hanya dengan sistem ceramah dan menggunakan pembelajaran satu arah yaitu guru memberi sedangkan siswa hanya menerima. Tetapi pembelajaran yang menjamin ada baiknya menggunakan sistem 2 arah, dimana guru memberikan feedback dan siswa menangkapnya lalu merespon apa yang guru berikan tadi sehingga siswa mengerti berdasarkan pengalaman langsung dari yang mereka alami.
            Assure Model fokus kepada penggunaan media dan teknologi saat pembelajaran di dalam kelas. Seorang pengajar bukan hanya terpaku pada apa yang ada dalam buku ajar melainkan juga menggunakan media lain untuk menstimulasi daya pikir anak agar lebih berkembang.
            Pertama yang harus dilakukan adalah dengan menganalisa pembelajar (seseorang yang akan belajar). Mengapa ini penting? Karena dengan menganalisa pembelajar, seorang pengajar akan tahu media seperti apa yang tepat untuk diberikan kepada pembelajar. Menganalisa pembelajar bukan berarti mengetahui secara detail setiap sifatnya, melainkan ada beberapa faktor dapat dilihat untuk menentukan media dan teknologi yang tepat nantinya.
            Faktor yang pertama adalah ‘General characteristic’. Dalam General characteristic in melihat dari segi umur, tingkatan, pekerjaan atau posisinya sebagai apa, dan juga faktor budaya dan ekonomi sosial. Lalu ‘specific entry competencies’ lebih mengarah kepada pengetahuan dan kemampuan pembelajar termasuk kekurangan dan kelebihannya, sikapnya dalam belajar, dan target dia akan belajar nantinya. Dan yang ketiga adalah ‘learning style’ , gaya belajar mengarah kepada sifat psikologi dari pembelajar yang mana setiap pembelajar pasti memiliki perbedaan sikap dan stimulus dalam menerima pelajaran. Dalam hal ini memberika motivasi kepada pembelajar juga tidak kalah penting untuk tumbuh kembangnya dalam belajar, karena motivasi dapat merangsang otak mereka agar lebih rajin dalam belajar.
            Sikap objektif kepada media dan teknologi menjadi langkah kedua dalam assure model yang dapat diberikan kepada siswa. Dan yang terpenting adalah bukan apa keberhasilan yang akan dicapai, melainkan bagaimana keberhasilan itu akan mampu dicapai. Hargai proses bukan hanya hasil.
            Langkah yang ketiga adalah dengan secara tepat memilih media dan format media yang akan digunakan kepada  siswa. Yang perlu diperhatikan adalah media dan format serta materialnya tersebut sesuai dengan kurikulum. Terkini dan akurasinya tinggi. Kreatif dan inovatif sehingga siswa menerima ilmu dengan bagus. memuat materi yang ingin disampaikan.
            Sebagai pengajar yang kreatif dan inovatif, ada baiknya untuk memodifikasi ulang bahan-bahan yang telah digunakan sebelumnya. Atau bisa juga mendesign ulang bahan yang akan digunakan dalam pembelajaran. Design tersebut harus memuat objektif, yang dimaksud objektif disini adalah apa yang akan dipelajari oleh seorang siswa. Perhatikan juga karakteristik pembelajar, apakah bahan tersebut nantinya akan cocok atau tidak. Biaya untuk pembuatan media tersebut juga harus sesuai. Usahakan untuk tidak terlalu berlebihan menggunakan biaya dalam membuat suatu bahan yang baru.

            Media dan teknologi yang telah siap digunakan sebelumnya perlu untuk di cek ulang, jangan sampai ada kesalahan dalam media tersebut atau mungkin saja terdapat konten porno dalam media tersebut. Persiapkan bahan-bahan dan media yang mampu menunjang pembelajaran yang ingin disampikan kepada siswa. Jangan lupa juga untuk menyiapkan lingkungan sekitar. Contohnya adalah dengan menyiapkan ruang kelas dengan ventilasi yang bagus, pencahayaan yang sempurna atau juga yang lainnya. Yang terakhir adalah menyiapkan siswa secara baik, ini merupakan hal yang terpenting karena disini akan ditanamankan pengalaman belajar kepada siswa. Setelah melakukan pembelajarn dengan media dan bahan tadi. Evaluasi diperlukan supaya pembelajaran selanjutnya lebih baik dari sebelumnya.

No comments:

Post a Comment