Pembelajaran
yang diberikan kepada siswa memerlukan sebuah perencanaan yang matang. Begitu
juga nantinya ketika menggunakan media dan teknologi dalam pembelajaran
tersebut. Bagaimana siswa dapat memahami ilmu apa yang ingin guru sampaikan
melalui media tersebut. Pembelajaran bukan hanya dengan sistem ceramah dan
menggunakan pembelajaran satu arah yaitu guru memberi sedangkan siswa hanya
menerima. Tetapi pembelajaran yang menjamin ada baiknya menggunakan sistem 2
arah, dimana guru memberikan feedback dan siswa menangkapnya lalu merespon apa
yang guru berikan tadi sehingga siswa mengerti berdasarkan pengalaman langsung
dari yang mereka alami.
Assure Model
fokus kepada penggunaan media dan teknologi saat pembelajaran di dalam kelas.
Seorang pengajar bukan hanya terpaku pada apa yang ada dalam buku ajar
melainkan juga menggunakan media lain untuk menstimulasi daya pikir anak agar
lebih berkembang.
Pertama yang harus dilakukan adalah dengan menganalisa
pembelajar (seseorang yang akan belajar). Mengapa ini penting? Karena dengan
menganalisa pembelajar, seorang pengajar akan tahu media seperti apa yang tepat
untuk diberikan kepada pembelajar. Menganalisa pembelajar bukan berarti
mengetahui secara detail setiap sifatnya, melainkan ada beberapa faktor dapat
dilihat untuk menentukan media dan teknologi yang tepat nantinya.
Faktor yang pertama adalah ‘General characteristic’. Dalam General
characteristic in melihat dari segi umur, tingkatan, pekerjaan atau
posisinya sebagai apa, dan juga faktor budaya dan ekonomi sosial. Lalu
‘specific entry competencies’ lebih mengarah kepada pengetahuan dan kemampuan
pembelajar termasuk kekurangan dan kelebihannya, sikapnya dalam belajar, dan
target dia akan belajar nantinya. Dan yang ketiga adalah ‘learning style’ ,
gaya belajar mengarah kepada sifat psikologi dari pembelajar yang mana setiap
pembelajar pasti memiliki perbedaan sikap dan stimulus dalam menerima
pelajaran. Dalam hal ini memberika motivasi kepada pembelajar juga tidak kalah
penting untuk tumbuh kembangnya dalam belajar, karena motivasi dapat merangsang
otak mereka agar lebih rajin dalam belajar.
Sikap objektif kepada media dan teknologi menjadi langkah
kedua dalam assure model yang dapat diberikan kepada siswa. Dan yang terpenting
adalah bukan apa keberhasilan yang akan dicapai, melainkan bagaimana
keberhasilan itu akan mampu dicapai. Hargai proses bukan hanya hasil.
Langkah yang ketiga adalah dengan secara tepat memilih
media dan format media yang akan digunakan kepada siswa. Yang perlu diperhatikan adalah media
dan format serta materialnya tersebut sesuai dengan kurikulum. Terkini dan
akurasinya tinggi. Kreatif dan inovatif sehingga siswa menerima ilmu dengan
bagus. memuat materi yang ingin disampaikan.
Sebagai pengajar yang kreatif dan inovatif, ada baiknya
untuk memodifikasi ulang bahan-bahan yang telah digunakan sebelumnya. Atau bisa
juga mendesign ulang bahan yang akan digunakan dalam pembelajaran. Design
tersebut harus memuat objektif, yang dimaksud objektif disini adalah apa yang
akan dipelajari oleh seorang siswa. Perhatikan juga karakteristik pembelajar,
apakah bahan tersebut nantinya akan cocok atau tidak. Biaya untuk pembuatan
media tersebut juga harus sesuai. Usahakan untuk tidak terlalu berlebihan
menggunakan biaya dalam membuat suatu bahan yang baru.
Media dan teknologi yang telah siap digunakan sebelumnya
perlu untuk di cek ulang, jangan sampai ada kesalahan dalam media tersebut atau
mungkin saja terdapat konten porno dalam media tersebut. Persiapkan bahan-bahan
dan media yang mampu menunjang pembelajaran yang ingin disampikan kepada siswa.
Jangan lupa juga untuk menyiapkan lingkungan sekitar. Contohnya adalah dengan
menyiapkan ruang kelas dengan ventilasi yang bagus, pencahayaan yang sempurna
atau juga yang lainnya. Yang terakhir adalah menyiapkan siswa secara baik, ini
merupakan hal yang terpenting karena disini akan ditanamankan pengalaman belajar
kepada siswa. Setelah melakukan pembelajarn dengan media dan bahan tadi.
Evaluasi diperlukan supaya pembelajaran selanjutnya lebih baik dari sebelumnya.
No comments:
Post a Comment