Pendidikan jarak jauh adalah
pendidikan dimana peserta didik dan instruktur/guru berada di tempat terpisah
dengan program belajar yang relatif ketat, terstruktur dan mengikuti pola yang
ada. Pembelajaran menggunakan berbagai sumber belajar dengan memanfaatkan
berbagai sumber belajar khususnya TIK dan media pembelajaran
lainnya dalam menyampaikan materi dari pendidikan tersebut.
Fungsi dari adanya pendidikan jarak
jauh adalah mempermudah dalam penyajian informasi, praktik dengan umpan balik,
akses terhadap sumber-sumber belajar, adanya pemanfaatan sumber daya belajar
(misalnya buku cetak, kaset video, CD, DVD, basis data komputer, KITS –
peralatan untuk laboratorium dll), serta adanya pemanfaatan internet dalam
pembelajaran.
Mengajar
secara jarak jauh yang harus diperhatikan oleh pendidik adalah Guru
harus mengatur dan mengurutkan isi dari materi yang akan diajarkan karena
berkaitan dengan hasil yang akan dicapai siswa. Mengetahui apa saja sumber daya
yang tersedia. Harus mampu mengetahui kemampuan
yang telah dimiliki siswa untuk menggunakan media yang tepat saat pembelajaran,
juga harus dapat mendeteksi apa yang dapat siswa lakukan untuk menjamin
pengalaman yang berkualitas.
Peran yang
harus dimiliki dalam pendidikan jarak jauh terbagi menjadi 4, yaitu
a.
Peran Siswa
Siswa harus memahami peran mereka
saat sedang melangsungkan pendidikan jarak jauh. Beberapa hal yang harus
diketahui adalah siswa harus mampu menggunakan media saat media pembelajaran,
harus mampu menggunakan media pada saat berdiskusi dengan guru dan dapat
berinteraksi baik dengan guru jarak jauh mereka.
b.
Peran Guru
Guru dalam pembelajaran jarak jauh
harus dapat memastikan bahwa para siswa sepenuhnya memahami tanggung jawab
mereka dan bagaimana mengatur mereka kelas, dan guru harus mengawasi
mereka agar tidak ada yang tertinggal dalam mengikuti materi pelajaran.
c.
Peran Fasilitator
Fasilitator merupakan pembantu ruang kelas jauh yang
hadir di tempat-tempat yang jauh, beberapa Peran fasilitator dalam pendidikan
jarak jauh adalah mengawasi dan turut serta secara aktif dalam seluruh program
yang terkait dengan siswa, Mendorong interaksi dengan guru dan sesama siswa
serta Bertanggung jawab mengoperasikan dan mengatasi permasalahan peralatan
d.
Peran Teknologi
Dengan adanya teknologi seperti
media audio, visual, kamera, televisi, telephone, perangkat lunak (Power point,
Web, flash player, Dll) semuanya itu dapat memudahkan siswa dan
guru dalam memberikan dan memahami materi pelajaran yang ada.
AUDIO DALAM
PENDIDIKAN JARAK JAUH
Audio ternyata cukup baik untuk
menyampaikan pengalam belajar dalam pendidikan jarak jauh. Keuntungan Audio
Dalam Pendidikan Jarak Jauh adalah Efektif Biaya ( tanpa menggunakan banyak
biaya dan waktu, audio sudah dapat dijadikan media dalam pendidikan jarak
jauh). Mudah Digunakan (mudah diakses karena tersambung dengan perangkat
telepon). Interaksi (Semua peserta mendapatkan pesan yang sama dan mereka dapat
berbicara kepada guru dan pelajar yang lainnya)
Namun audio juga memeliki beberapa
kekurangan dalam pendidikan jarak jauh, diantaranya dalah Kurangnya informasi
visual, Gangguan dalam audio, dan Kurangnya kemampuan siswa dalam
menggunakan media Audio. Jadi tetap saja selain menggunakan audio ada baiknya
pendidikan jarak jauh dilengkapi dengan media visual apalagi dengan keadaan
jaman yang sudah semakin canggih.
TELEVISI
DALAM PENDIDIKAN JARAK JAUH
Teknologi televisi menawarkan banyak
kesempatan pengajaran yang berbeda bagi pembelajar. Siswa terlibat dengan
belajar mandiri dengan menampilkan program pada saluran televisi. Sistem
penyebaran televisi adalah Transmisi Broadcast, Transmisi Satelit, Transmisi
Gelombang Mikro, Transmisi Sirkuit Tertutup (Sirkuit Televisi Tertutup CCTV), Transmisi
Kabel dan Transmisi On Line.
VIDEO SATU
ARAH, AUDIO DUA ARAH
Dalam hal pemancaran Broadcast,
satelit, dan gelombang mikro, kemampuan talkback biasanya ditambahkan dengan
menggunakan alat berupa telepon yang menghubungi studio asal.
VIDEO DUA
ARAH, AUDIO DUA ARAH
Televisi yang benar-benar interaktif dengan komunikasi
dua arahbaik video maupun audio atau televise dua arah yang dihasilkan dengan
melengkapi pengirim dan tempat penerima dengan kamera dan mikrofonyang saling
dikaitkan dengan dengan alat yang melakukan transmisi dua arah.
No comments:
Post a Comment