Tuesday 10 December 2013

PENDIDIKAN JARAK JAUH (DISTANCE EDUCATION)

Pendidikan jarak jauh adalah pendidikan dimana peserta didik dan instruktur/guru berada di tempat terpisah dengan program belajar yang relatif ketat, terstruktur dan mengikuti pola yang ada. Pembelajaran menggunakan berbagai sumber belajar dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar khususnya TIK dan media pembelajaran lainnya dalam menyampaikan materi dari pendidikan tersebut.
Fungsi dari adanya pendidikan jarak jauh adalah mempermudah dalam penyajian informasi, praktik dengan umpan balik, akses terhadap sumber-sumber belajar, adanya pemanfaatan sumber daya belajar (misalnya buku cetak, kaset video, CD, DVD, basis data komputer, KITS – peralatan untuk laboratorium dll), serta adanya pemanfaatan internet dalam pembelajaran.
Mengajar secara jarak jauh yang harus diperhatikan oleh pendidik adalah Guru harus mengatur dan mengurutkan isi dari materi yang akan diajarkan karena berkaitan dengan hasil yang akan dicapai siswa. Mengetahui apa saja sumber daya yang tersedia. Harus mampu mengetahui kemampuan yang telah dimiliki siswa untuk menggunakan media yang tepat saat pembelajaran, juga harus dapat mendeteksi apa yang dapat siswa lakukan untuk menjamin pengalaman yang berkualitas.
Peran yang harus dimiliki dalam pendidikan jarak jauh terbagi menjadi 4, yaitu
a.      Peran Siswa
Siswa harus memahami peran mereka saat sedang melangsungkan pendidikan jarak jauh. Beberapa hal yang harus diketahui adalah siswa harus mampu menggunakan media saat media pembelajaran, harus mampu menggunakan media pada saat berdiskusi dengan guru dan dapat berinteraksi baik dengan guru jarak jauh mereka.
b.      Peran Guru
Guru dalam pembelajaran jarak jauh harus dapat memastikan bahwa para siswa sepenuhnya memahami tanggung jawab mereka dan bagaimana mengatur mereka   kelas, dan guru harus mengawasi mereka agar tidak ada yang tertinggal dalam mengikuti materi pelajaran.
c.       Peran Fasilitator
Fasilitator merupakan pembantu ruang kelas jauh yang hadir di tempat-tempat yang jauh, beberapa Peran fasilitator dalam pendidikan jarak jauh adalah mengawasi dan turut serta secara aktif dalam seluruh program yang terkait dengan siswa, Mendorong interaksi dengan guru dan sesama siswa serta Bertanggung jawab mengoperasikan dan mengatasi permasalahan peralatan
d.      Peran Teknologi
Dengan adanya teknologi seperti media audio, visual, kamera, televisi, telephone, perangkat lunak (Power point, Web, flash player, Dll)  semuanya itu dapat  memudahkan siswa dan guru dalam memberikan dan memahami materi pelajaran yang ada.

AUDIO DALAM PENDIDIKAN JARAK JAUH
Audio ternyata cukup baik untuk menyampaikan pengalam belajar dalam pendidikan jarak jauh. Keuntungan Audio Dalam Pendidikan Jarak Jauh adalah Efektif Biaya ( tanpa menggunakan banyak biaya dan waktu, audio sudah dapat dijadikan media dalam pendidikan jarak jauh). Mudah Digunakan (mudah diakses karena tersambung dengan perangkat telepon). Interaksi (Semua peserta mendapatkan pesan yang sama dan mereka dapat berbicara kepada guru dan pelajar yang lainnya)
Namun audio juga memeliki beberapa kekurangan dalam pendidikan jarak jauh, diantaranya dalah Kurangnya informasi visual, Gangguan dalam  audio, dan Kurangnya kemampuan siswa dalam menggunakan media Audio. Jadi tetap saja selain menggunakan audio ada baiknya pendidikan jarak jauh dilengkapi dengan media visual apalagi dengan keadaan jaman yang sudah semakin canggih.

TELEVISI DALAM PENDIDIKAN JARAK JAUH
Teknologi televisi menawarkan banyak kesempatan pengajaran yang berbeda bagi pembelajar. Siswa terlibat dengan belajar mandiri dengan menampilkan program pada saluran televisi. Sistem penyebaran televisi adalah Transmisi Broadcast, Transmisi Satelit, Transmisi Gelombang Mikro, Transmisi Sirkuit Tertutup (Sirkuit Televisi Tertutup CCTV), Transmisi Kabel dan Transmisi On Line.

 VIDEO SATU ARAH, AUDIO DUA ARAH
Dalam hal pemancaran Broadcast, satelit, dan gelombang mikro, kemampuan talkback biasanya ditambahkan dengan menggunakan alat berupa telepon yang menghubungi studio asal.

VIDEO DUA ARAH, AUDIO DUA ARAH

Televisi yang benar-benar interaktif dengan komunikasi dua arahbaik video maupun audio atau televise dua arah yang dihasilkan dengan melengkapi pengirim dan tempat penerima dengan kamera dan mikrofonyang saling dikaitkan dengan dengan alat  yang melakukan transmisi dua arah.

No comments:

Post a Comment