Tuesday 10 December 2013

MULTIMEDIA

            Multimedia merupakan gabungan dari beberapa media yang akan menjadi suatu bentuk komunikasi yang bersifat multichannel atau multimodal. Multimedia kini telah banyak digunakan oleh guru atau dosen untuk menyampaikan materi kepada siswa atau mahasiswa. Banyak contoh multimedia yang ada sekarang, salah satunya adalah powerpoint dimana di slide presentasinya menyajikan sebuah paket yang menarik sehingga siswa/mahasiswa lebih tertarik dalam belajar. Karena dewasa ini sistem pembelajaran audio yang dilengkapi dengan visual lebih efektif digunakan.
            Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu dan koneksi sehingga pengguna dapat bernaviagsi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Di dunia pendidikan media dimanfaatkan untuk media pembelajaran. Sedangkan dalam dunia bisnis multimedia digunakan sebagai profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
            Semakin bertambahnya jaman, teknologi pun semakin maju. Sekarang bukan hanya komputer yang digunakan sebagai multimedia, Handphone pun sekarang sudah dapat digunakan sebagai multimedia. Selain itu ada pula camera digital yang sekarang aplikasinya mampu dijadikan sebagai salah satu alternatif multimedia.
Pembelajaran menggunakan Multimedia muncul dan berkembang berdasarkan permasalahan yang muncul dalam penerapan teknologi di proses pembelajaran dan kejenuhan seta kurang komunikatifnya penyampaian materi dalam kelas yang dapat memotivasi belajar si peserta didik. pemanfaatan penggunaan multimedia menjadi solusi dalam peningkatan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Tujuan pembelajaran menggunakan multtimedia memudahkan proses pembelajaran, dan meningkatkan kreativitas dan keinovasian pendidik dalam mendesain pembelajaran yang komunikatif dan interaktif.

            Jenis-jenis multimedia :
1.      MULTIMEDIA KITS
Multimedia KITS adalah kumpulan pengajaran atau bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisisr sekitar topik tunggal. Keunggulan dari multimedia KITS adalah membangkitkan minat dalam belajar, kerjasama Kits dapat merangsang kerja kelompok proyek kecil. Tujuan dari multimedia kits adalah memberikan kesempatan pada peserta didik langsung (belajar) untuk menyentuh, mengamati, bereksperimen dan untuk keajaiban, memutuskan ketersediaan dan mempertimbangkan bahan biaya yang jelas dan penting.
2.      HYPERMEDIA
Hypermedia digunakan sebagai perpanjangan istilah hypertext dimana grafik, audio, video, teks biasa dan hyperlink  jalin-menjalin untuk menciptakan media non-linear umumnya Informasi kontras dengan istilah yang lebih luas multimedia , yang dapat digunakan untuk menggambarkan non -linear presentasi interaktif serta hypermedia.

3.      INTERAKTIF MEDIA
Interaktif media biasanya mengacu pada produk dan layanan pada sistem berbasis komputer digital yang menanggapi tindakan pengguna dengan menampilkan konten seperti teks, grafis, animasi, video, audio dll
Contoh dari interaktif media adalah penggunaan software power point dalam belajar.
Keunggulan dari interaktif media adalah Beberapa media. Teks, audio, grafik, gambar diam, dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan

4.      VIRTUAL REALITAS

 adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi
Keunggulan dari Virtual Realitas adalah Virtual Reality yang sering digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis aplikasi umumnya terkait dengan mendalam, sangat visual, 3D lingkungan: pengembangan perangkat lunak CAD, grafis akselerasi perangkat keras, kepala-mount display, sarung tangan database dan miniaturisasi telah membantu mempopulerkan dugaan itu.

No comments:

Post a Comment