Tuesday 10 December 2013

PEMBELAJARAN ONLINE - ONLINE LEARNING

Pembelajaran online dikenal dengan nama e-learning yang merupakan hasil dari suatu  (juga dikenal dengan pembelajaran elektronik, atau e-Learning) merupakan hasil dari suatu pembelajaran yang menggunakan media berbasi komputer. Bahannya biasa sering diakses melalui sebuah jaringan(network). Sumbernya bisa berasal dari website, internet, intranet, CD-ROM, dan DVD. Selain memberikan instruksi, e-learning juga dapat memonitor kinerja peserta didik dan melaporkan kemajuan peserta didik. E-learning tidak hanya mengakses informasi (misalnya, halaman web), tetapi juga  membimbing peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang spesifik (misalnya, tujuan).
Dalam pendidikan jarak jauh, sebagai seorang guru perlu untuk menyadari variasi pilihan terbaik dan pembelajarn online dan  harus mampu untuk menyeleksi teknologi dan media terbaik yang dapat membantu siswa dalam belajar.
Pendidikan online lebih mengarah kepada instruksi yang disampaikan oleh komputer dengan menggunakan jaringan. Komunikasi yang terjadi biasanya adalah komunikasi dua arah.
Zaman yang semakin maju membuat aplikasi pendidikan pembelajaran online juga semakin berkembang. Siswa tidak lagi hanya dapat mengakses pengetahuan dari buku pelajaran, melainkan sudah dapat mengakses materi pelajaran dari internet. Siswa dan guru dapat meningkatkan pembelajaran di kelas dengan mengakses informasi dari berbagai sumber (database, perpustakaan, kelompok minat khusus), berkomunikasi melalui komputer dengan siswa lain atau dengan para ahli di bidang studi tertentu, dan saling bertukar informasi.
Keuntungan dari adanya pembelajarn online:
  1. Media yang bervariasi
  2. Informasi yang up-to-date.
  3. Navigasi.
  4. Bertukar ide.
  5. Komunikasi yang nyaman.
  6. Biaya rendah
Kekurangan dari media pembelajaran online:
  1. Umur-materi yang tidak pantas.
  2. Hak cipta. Karena informasi begitu mudah untuk diakses, hal itu juga sangat sederhana untuk seorang individu untuk secepatnya mendownload sebuah berkas dan dengan beberapa perubahan, ia dapat mengerjakan tugasnya tanpa bersusah-susah payah lagi.
  3. Pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya.
  4. Pendukung. Dukungan teknis yang baik harus tersedia.
  5. Akses yang baik ketika menggunakan internet.

JARINGAN
Jaringan adalah hal yang patut diketahui bahwa komputer dapat digunakan untuk menghubungkan siswa dengan masyarakat dan sumber daya yang ada diluar kelas. Manfaat jaringan yaitu setiap orang bisa berkomunikasi dalam jaringan dan setiap individual bisa mengakses informasi yang diperlukan.
Jaringan yang paling sering digunakan adalah internet. Salah satu penggunaan  internet dalam pendidikan  adalah electronic mail (e-mail). Selain itu juga ada Instant Messaging(IM), yaitu pembicaraan teks saat itu juga (real-time) dan berkelanjutan dengan orang tersebut.
Melalui jaringan ini Guru  tidak hanya bisa berkomunikasi denga seorang siswa secara langsung melalui percakapan tertulis, namun juga bisa berkomunikasi secara serentak menggunakan teks, suara, dan/atau video misalnya dalam suatu diskusi kelompok kecil dengan siswa/murid dengan tidak dibatasi oleh ruangan.
Keuntungan Jaringan
  1. Kemudahan komunikasi – sebuah jaringan memungkinkan  masyarakat untuk berkomunikasi satu sama lain.
  2. Berbagi peranti keras -  misalnya printer yang banyak di akses oleh banyak pengguna.
  3. Pemusatan – Informasi dalam database pusat yang bisa diakses oleh seluruh guru atau siswa, kapan saja.
  4. Konsistensi – Karena adanya lokasi informasi terpusat, seluruh siswa dan guru menampilkan pendidikan yang serupa.
  5. Keterbaruan – Setiap orang memiliki akses ke versi material yang paling terbaru.
Keterbatasan
  1. Biaya – Perlu biaya mahal untuk membangun sebuah jaringan seluas gedung
  2. Membutuhkan peranti lunak yang kompatibel dengan jaringan – Peranti lunak semacam ini biasanya biayanya mahal.
  3. Jumlah pengguna yang terbatas – tanpa perlengkapan ekstra, para pengguna mungkin harus menunggu giliran untuk mendapatkan akses.
  4. tersambung dari rumah terkadang mendapati masalah jaringan atau koneksi terputus.
  5. Kecepatan respon – Waktu respon bisa sangat lambat untuk mengirim atau mengunduh gambar, foto, animasi, audio atau video.


No comments:

Post a Comment