Teknologi berkembang pesat sesuai dengan perkembangan
zaman. Maka dari itu sistem pembelajaran juga harus mengikuti kemajuan
tersebut. Sesuai dengan kurikulum terbaru, pemerintah telah menganjurkan untuk
menggunakan media visual sebagai media pembelajaran dalam kegiatan belajar
mengajar. Hal tersebut dimaksudkan agar pembelajaran lebih efektif dan efisien
serta dapat mendongkrak kreativitas tersembunyi dari peserta didik.
Media visual sendiri diartikan sebagai media pembelajaran
yang menampilkan gambar dan penyajian secara jelas dan bermakna sehingga
peserta didik dapat menyerap materi dengan lebih menyenangkan. Pembelajaran ini
diharapkan dapat bermakna, efektif dan efisien.
Manfaat dari adanya penggunaan media audio visual adalah
mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik. Pengalaman
tiap peserta didik berbeda-beda tergantung dari faktor-faktor yang menentukan
kekayaan pengalaman anak. Media visual memungkinkan adanya interaksi langsung
antara peserta didik dan lingkungannya. Media visual dapat menanamkan konsep
dasar yang benar, konkrit dan realistis. Selain media visual juga mampu
membangkitkn keinginan dan minat baru dari peserta didik. Dengan melihat
manfaat yang ada dari media viasual makan tampaklah pentingnya peran media
visual dalam proses belajar mengajar.
Media audio visual contohnya adalah komputer, video,
televisi, film dll. Menurut Heinich, Kemp dan Dayton, dan Briggs ciri-ciri dari
media visual yaitu :
- · Kelompok media ini mudah di akses
- · Menggunakan teknologi
- · Harganya relatif mahal
- · Penggunaannya sedikit rumit dan mudah dipahami
Media audio visual
sendiri memiliki kelebihan yaitu sifatnya yang mudah dipahami oleh peserta
didik, mudah untuk diakses juga penggunaan teknologi yang relatif dominan.
Namun dibalik semua kelebihan tersebut media audio visual juga memiliki
kelemahan yaitu harganya yang relatif mahal, hal ini menyebabkan tidak semua
kelompok masyarakat dapat menjangkau penggunaan media audio visual.
No comments:
Post a Comment