Tuesday 10 December 2013

MEDIA VISUAL

            Teknologi berkembang pesat sesuai dengan perkembangan zaman. Maka dari itu sistem pembelajaran juga harus mengikuti kemajuan tersebut. Sesuai dengan kurikulum terbaru, pemerintah telah menganjurkan untuk menggunakan media visual sebagai media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut dimaksudkan agar pembelajaran lebih efektif dan efisien serta dapat mendongkrak kreativitas tersembunyi dari peserta didik.
            Media visual sendiri diartikan sebagai media pembelajaran yang menampilkan gambar dan penyajian secara jelas dan bermakna sehingga peserta didik dapat menyerap materi dengan lebih menyenangkan. Pembelajaran ini diharapkan dapat bermakna, efektif dan efisien.
            Manfaat dari adanya penggunaan media audio visual adalah mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda tergantung dari faktor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak. Media visual memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dan lingkungannya. Media visual dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit dan realistis. Selain media visual juga mampu membangkitkn keinginan dan minat baru dari peserta didik. Dengan melihat manfaat yang ada dari media viasual makan tampaklah pentingnya peran media visual dalam proses belajar mengajar.
            Media audio visual contohnya adalah komputer, video, televisi, film dll. Menurut Heinich, Kemp dan Dayton, dan Briggs ciri-ciri dari media visual yaitu :
  • ·         Kelompok media ini mudah di akses
  • ·         Menggunakan teknologi
  • ·         Harganya relatif mahal
  • ·         Penggunaannya sedikit rumit dan mudah dipahami


Media audio visual sendiri memiliki kelebihan yaitu sifatnya yang mudah dipahami oleh peserta didik, mudah untuk diakses juga penggunaan teknologi yang relatif dominan. Namun dibalik semua kelebihan tersebut media audio visual juga memiliki kelemahan yaitu harganya yang relatif mahal, hal ini menyebabkan tidak semua kelompok masyarakat dapat menjangkau penggunaan media audio visual.


No comments:

Post a Comment