Tuesday 10 December 2013

MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO

            Media pembelajaran audio adalah media pembelajaran yang memanfaatkan kemampuan mendengar dari peserta didik sehingga peserta didik dapat lebih memperhatikan apa yang guru berikan karena harus memiliki konsentrasi tinggi ketika menggunakan media ini. Namun kemampuan dari peserta didik yang berbeda membuat penggunaan media ini sedikit tidak efisien.
            Media audio ciri-cirinya adalah media ini dapat didengar dan menggunakan teknologi. Kelebihan yang dimiliki media ini adalah harganya yang relatif murah. Namun kekurangannya adalah tidak dapat dilihat karena hanya berupa suara, informasi yang didapatkan juga terbatas.
Media audio dapat digunakan dalam semua fase pembelajaran. Dari pendahuluan di sebuah topik hingga mengevaluasi hasil belajar siswa. Contoh audio yang digunakan pada kelas musik, rekaman, kaset dan CD bisa digunakan untuk mengenalkan materi baru atau menyediakan musik pengiring. Dan suara-suara tersebut bisa disajikan secara individu atau kombinasi dari alat-alat musik.  
            Format audio dapat berupa :
  • ·         Audio Tape

Keuntungan dari audio tape adalah bisa merekam sendiri dengan mudah dan ekonomis. Bisa dihapus, tidak mudah rusak dan mudah disimpan.
  • ·         Phonograph

Phonograph adalah bentuk dari piringan hitam. Phonograph bentuknya padat, mudah dibawa dan mudah digunakan serta mudah meletakkan bagian/segmen yang khusus pada rekaman karena bisa melihat alur gerak jarum pada phonograph dan bagiannya dispisahkan oleh pita-pita hitam.
  • ·         Compact Disc

CD yang berukuran kecil ini dapat menyimpan musik atau suara-suara yang disimpan dan direkam secara digital.
  • ·     MP3/WAVE File Format

MP3 adalah kompresi audio untuk membuat file audio besar yang tersedia dengan menyusut menjadi file yang ebih kecil yang dapat dengan cepat dan mudah menangkap di internet.

  • ·         Audio card

Audio card menggunakan sistem dual track yang memperbolehkan merekam suara dan memutar kembali untuk membandingkan dengan suara sebelum direkam.


No comments:

Post a Comment