Tuesday 10 December 2013

MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO

            Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat sistem pembelajaran harus mampu pula mengikutinya. Salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran video. Media pembelajaran menggunakan video sekarang banyak digunakan oleh instansi pendidikan karena mengikuti teknologi yang semakin pesat pula berkembang.
Video adalah sesuatu yang berkenaan dengan apa yang dilihat, utamanya adalah gambar hidup, proses perekamannya dan penayangannya yang pasti melibatkan teknologi. Karena hal tersebut banyak orang memahami video sebagai rekaman gambar hidup yang ditayangkan, juga sebagai teknologi yang mewakilkan gambar bergerak.
            Kelebihan dari penggunaan video sebagai media pembelajaran adalah penggunaannya yang cocok untuk berbagai media pembelajaran seperti kelas, kelompok kecil, bahkan siswa seorang diri sekalipun. Hal ini lebih mampu menarik minat para peserta didik karena sesuai dengan zaman sekarang teknologi khususnya televisi telah menjadi budaya yang melekat di masyarakat sehingga pendidik harus mampu mengambil peluang yang ada. Dari sebuah video tersebut yang hanya memiliki durasi beberapa menit, pendidik dapat mengarahkan pembelajaran secara langsung pada kebutuhan peserta didik. Video juga mampu memperlihatkan bagaimana sesuatu bekerja. Video pembelajaran yang merekam kegiatan motorik siswa juga memberikan kesempatan pada mereka untuk mengamati dan mengevaluasi kerja mereka. Lebih dari itu manfaat dan karakteristik lain dari media video atau film dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran salah satunya adalah membatasi waktu serta mampu menggambarkan peristiwa masa lalu, mengembangkan imajinasi pada peserta didik dan mampu berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan diulas di dalam kelas.

            Sedangkan kekurangan dari penggunaan video sebagai media pembelajaran adalah video terlalu menekankan pentingnya mateeri ketimbang proses pengembangan materi tersebut. Pamanfaatan media ini juga terkesan membutuhkan biaya yang cukup mahal, terutama bagi pendidik yang harus menyediakan peralatan pendukung agar media ini dapat berjalan dengan baik.

No comments:

Post a Comment