Tuesday 10 December 2013

TRENDS IN TECHNOLOGY AND MEDIA

1.      Sekilas Tentang Teknologi dan Media dalam Pembelajaran
Teknologi dan media pembelajaran merupakan kedua hal yang memiliki cara sistematis dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi keseluruhan proses belajar dan mengajar dengan tujuan yang didasarkan pada tingkat komunikasi yang baik antara pengajar maupun peserta didik dalam hal ini guru dan siswa. Dalam menerapkan teknologi dan media dalam pembelajaran, tentunya harus melibatkan guru dan siswa, prosedur, ide, dan peralatan untuk menganalisis masalah, mencari jalan pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar peserta didik.

2.      Tren Dalam Teknologi dan Media (Trends In Technology And Media)
Ada macam-macam kombinasi yang dihasilkan oleh teknologi dan media. Meskipun banyak sekolah menggunakan media yang mutakhir, masih ada beberapa sekolah yang masih mempertahankan media teknologi tradisional, diantarnya masih menggunakan buku teks sebagai media utama dalam proses belajar mengajar. Selain menggunakan buku teks, ada juga papan tulis dan proyektor overhead. Sebab dengan papan tulis dan proyektor overhead juga dapat memaksimalkan proses belajar mengajar.
Teknologi tradisional dan modern akan terus berkembang, dan saling melengkapi satu dengan yang lain meski yang lebih diandalkan saat ini adalah teknologi modern. Dengan mengetahui keuntungan dari aplikasi yang merupakan hasil dari teknologi tradisional dan teknologi modern sekarang, maka dapat diketahui kapan masing-masing teknologi itu akan digunakan.
Selain dengan mempertahankan media tradisional, kita juga hendaknya mempertahankan teknologi yang ada. Dalam tren teknologi dan media dalam pendidikan di kalangan sekolah-sekolah, pastinya akan terdapat rasa bosan apabila dekat dengan komputer, sedangkan di kalangan perguruan tinggi sebaliknya, karena semua sistem perkuliahan kebanyakan menggunakan teknologi berupa komputer.

3.      Sekolah Masa Depan (Schools Of The Future)
Perkembangan teknologi yang begitu akurat dalam menyajikan informasi dan komunikasi telah mempengaruhi dunia pendidikan. Pengaruhnya terjadi pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pembelajaran, yaitu dengan dikembangkannya pembelajaran yang memanfaatkan perangkat keras (hard ware) dan perangkat lunak (soft ware) dari teknologi tersebut. Salah satu pemanfaatannya adalah dengan menggunakan komputer sebagai media pembelajaran, sehingga muncul pembelajaran berbasis komputer (Computer Based Learning).
Komputer merupakan media yang menarik dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa. Pembelajaran denngan menggunakan komputer merupakan proses di mana siswa dilatih dengan beberapa simbol yang berlaku di dunia audio dan visual sebagaimana mereka menguasai huruf dan angka. Proses pembelajarannya harus memperhatikan karakteristik dari siswa itu, apakah dia sungguh-sungguh mau mengenal dan belajar komputer atau tidak. Peran sekolah sangat dibutuhkan dalam pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran. Pengawasan dalam penggunaan internet juga harus lebih ketat.
4.      Tempat Kerja Masa Depan (Workplaces Of The Future)           

Untuk membuat keputusan desain terbaik saat ini, desainer interior perusahaan harus memahami tenaga kerja seperti apa yang akan bisa diandalkan untuk tercapainya suatu sistem kerja masa depan, dan faktor-faktor apa yang dapat berpengaruh terhadap suatu rencana dari para manajer dan pihak eksekutif suatu perusahaan di masa yang akan datang.

Penting untuk dipahami bahwa dalam menentukan tempat kerja di masa depan, maka harus benar-benar selektif dalam mengetahui siapa yang akan menghuni ruangan tempat kerja  tersebut. Beberapa ahli mengatakan bahwa tenaga kerja akan lebih beragam dari sebelumnya, jika melihat dari beberapa generasi, budaya dan etnis yang saling  berdampingan untuk bekerja, sehingga akan membuat tempat kerja tersebut lebih maju berkat dukungan setiap tenaga kerja yang bekerja secara maksimal.

Saat ini, peralatan usang dari kebanyakan tempat kerja telah diganti dengan layar datar, perangkat nirkabel dan sistem teknologi yang tinggi. Diperkiraakan sepuluh tahun dari sekarang, perangkat modern dengan bantuan teknologi yang lebih canggih akan memberikan cara untuk memungkinkan pekerjaan dilakukan lebih efisien karena tempat kerja yang sudah lebih maju sistem kerjanya.

Di masa depan, baik pekerja maupun desainer dan manajer harus berpikir tentang bagaimana teknologi ini diperluas untuk dimasukkan ke dalam ruang kerja mereka.
agar nantinya komputer di masa depan akan semakin mampu merespon suara, tulisan tangan, sidik jari dari tenaga kerja yang ada.           


No comments:

Post a Comment